Kamis, 27 Februari 2014

Contoh Proposal Usaha



“Crispy Potato Fries dan Orange Punch Ice”
    
Disusun Oleh:
Nama                                          : Ridha Aslamiah
Nomor Peserta                           : 01-016-165-4
Program Keahlian                     : Pemasaran
Bidang Keahlian                        : Bisnis dan Manajemen


“Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian Tahun Pelajaran 2013/2014”
Jl. Garuda No.63 Kemayoran, Jakarta Pusat Telp.(021) 4209629 Fax (021) 4209629
LEMBAR PENGESAHAN

Satuan Pendidikan               : SMK Negeri 3 Jakarta
Program Keahlian                : Pemasaran
Kode                                       : 054
Alokasi Waktu                      : 24 Jam
Nomor Peserta                      : 01-016-165-4
Nama Peserta                                    : Ridha Aslamiah
Judul                                      : Usaha “Crispy Potato Fries dan Orange Punch Ice”

Telah disahkan di Jakarta, 18 Februari 2014
                Disetujui   
                 DU/DI                                                                                  Peserta Uji                                
Admin Ramayana Ps. Baru                                                       
                       

            Fitri Ismawati                                                                        Ridha Aslamiah
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 3 Jakarta                                                           Pembimbing


              Sajid, M.Pd.                                                               Surono, S.Pd
I
NIP. 196503041989031009                                             NUPTK. 8549751654200003
KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan proposal Ujian Kompetensi Keahlian Pemasaran tahun 2014.
Penyusunan proposal ini adalah sebagai salah satu syarat kelengkapan ujian yang harus diserahkan kepada penguji.
Adapun tujuan dilaksanakannya Ujian Kompetensi Keahlian ini adalah sebagai nilai Ujian Praktek dan untuk menambah wawasan, juga meningkatkan kreatifitas dan motivasi siswa dalam mengembangkan, melaksanakan dan mempraktekkan ilmu yang telah didapat.
Proposal ini dapat terselesaikan dengan adanya bantuan dari semua pihak, oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.      Bpk. Sajid, M.Pd , selaku Kepala Sekolah SMKN 3 Jakarta.
2.      Bpk. Pudji Sumaryanto, selaku Waka Bid. Humas Du/Di.
3.      Ibu. Titi Mayani Hasanah, selaku Ketua Kompetensi Keahlian Pemasaran.
4.      Ibu. Masnur Tampubolon, selaku Wali Kelas XII-Pemasaran.
5.      Orang tua yang telah memberikan  dukungan moril dan materil.
6.      Dan teman-teman yang telah memberikan masukan dan saran dalam penulisan Proposal ini.
Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu, yang telah membantu dalam menyelesaikan proposal ini. Semoga kebaikan yang diberikan oleh semua pihak kepada saya mendapat balasan dan kebaikan yang berlipat ganda dari Allah SWT.
Akhir kata saya menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam pembuatan proposal ini, untuk masukan dan saran yang sifatnya membangun sangat saya harapkan.
Jakarta, 18 Februari 2014
 Penulis


II

Ridha Aslamiah
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN……………………………………………………..…...
I
KATA PENGANTAR……………………………………………………….............
II
DATAR ISI………………………………………………………………………….
III
I. PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang………………………………………………………………….
1
B.
Visi..…………………………………………………………………………….
1
C.
Misi.…………………………………………………………………………….
1
D.
Tujuan…………………………………………………………………………..
2

II. TINJAUAN PASAR
A.
Aspek Pemasaran……..………………………………………………………..
3
B.
Analisis Peluang Usaha(SWOT)………...……………………………………..
4
C.
Marketing MIX……...…………………………………………………………
4

III. DESKRIPSI PRODUK
A.
Crispy Potato Fries……………………………………………………………..
5
B.
Orange Punch Ice….…………………………………………………………...
6
B.     Contoh Brosur
IV. ESTIMASI KEUANGAN
A.
Modal………………..………..………………………………………………...
7
B.
Laporan Keuangan……………………………………………………………..
7
C.
Laporan Laba Rugi……...……………………………………………………...
9
D.
Break Even Point……..………………………………………………………...
12
E.
Analisa Keuangan……...………………………………………………………
14
V. PENUTUP
A.
Kesimpulan……………………………………………………………………..
15
B.
Saran….…………………………………………………………………………
15
LAMPIRAN
A.
Gambar Produk
III

I. PENDAHULUAN


A.          Latar Belakang
Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang lebih menyukai makanan cepat saji dengan rasa yang enak dan harga yang relatif murah namun kualitas tetap terjamin. Banyak juga bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang ringan hingga yang berat dan dari yang murah sampai yang mahal.
Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut harus diciptakan suatu kegiatan usaha yang sifatnya kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Dari pemikiran tersebut saya telah melakukan observasi lapangan mengenai peluang usaha yang dapat dilakukan. Salah satunya yaitu usaha penjualan Crispy Potato Fries. Dimana dari segi rasa enak, dari segi gizi sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen karena mengandung karbohidrat, protein dan lain-lain. Ketersediaan bahan baku dan cara pembuatan yang tidak terlalu sulit juga merupakan hal yang dapat dipertimbangkan agar penjualan ini layak untuk dijalankan.
Selain itu saya juga menyediakan produk pendamping yaitu Orange Punch Ice. Saya memilih produk ini karena rasanya yang segar dilengkapi oleh potongan-potongan jelly yang manis.
Dengan hal tersebut, maka saya memilih usaha makanan “Crispy Potato Fries” dan “Orange Punch Ice” sebagai produk yang akan saya jual.

B.          Visi
Menjadikan Crispy Potato Fries sebagai kuliner yang terkenal dan begizi.

C.          Misi
ü  Menjual produk dengan harga yang terjangkau dan sehat untuk dikonsumsi.
ü  Memberikan pelayanan yang baik.
ü 
1
Mencapai target penjualan.
D.          Tujuan
ü  Bazar ini bertujuan sebagai salah satu persyaratan mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dalam bidang Pemasaran 2013/2014.
ü  Menyediakan makanan yang bersih, sehat, dan higienis dengan harga terjangkau.























2
 
II. TINJAUAN PASAR


A.          Aspek Pemasaran
ü   Produk yang dijual
Menjual makanan ringan “Crispy Potato Fries” dan “Orange Punch Ice“. Makanan dan minuman terjamin bersih, jauh dari bahan yang berbahaya atau zat kimia, tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna  sehingga saat disantap aman dan dapat dinikmati dengan puas.

ü   Sasaran pembeli
Sasaran pembeli adalah Bapak dan Ibu guru, Karyawan, Para Staff, serta Siswa-Siswi SMK Negeri 3 Jakarta.

ü   Lokasi penjualan/bazar
Penjualan/bazar berlokasi di Lapangan SMKN 3 Jakarta.
Jalan Garuda No.63, Kemayoran Jakarta Pusat.

ü   Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang digunakan adalah dengan menyapa atau memberi salam kepada pengunjung dan mengunakan alat promosi(brosur), serta memberikan tester sehingga dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.




3
 
B.  Analisis SWOT


STRENGTH
ü  Harganya terjangkau.
ü  Makanan sehat dengan rasa enak dan tampilan yang menarik.
ü  Dapat mengenyangkan.

WEAKNESS
ü  Produk tidak dapat bertahan lama.

OPPORTUNITY
ü  Meningkatnya kesadaran masyarakat akan makanan sehat dan enak sehingga produk kami cukup diminati.

THREAT
ü  Terdapat produk-produk yang juga menarik dengan harga murah.

C.  Marketing MIX
Keterangan :

Ø  Product                                             
1.      Crispy Potato Fries
2.      Orange Punch Ice
Ø  Promotion
1.      Brosur
2.      Menyediakan tester produk.
Ø  Price
1.      Crispy Potato Fries    
 Rp. 5.000,- /porsi
2.      Orange Punch Ice                    
Rp. 3.000,-/cup

Ø  Place
Tempat penjualan berlokasi di Lapangan SMKN 3 Jakarta
Ø  Position
4
Crispy Potato Fries ini dibuat untuk memenuhi semua lapisan masyarakat dengan harga yang sama dengan di pasar (tidak dibedakan antara konsumen).
Ø  Distribution
4
Penjualan produk menggunakan sistem distribusi langsung.

III. DESKRIPSI PRODUK

A.        Crispy Potato Fries
     
Crispy Potato Fries yaitu makanan sejenis kentang goreng. Kentang goreng adalah hidangan yang dibuat dari potongan-potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas. Di dalam menu rumah-rumah makan, kentang goreng yang dipotong panjang-panjang dan digoreng dalam keadaan terendam di dalam minyak goreng panas disebut French fries.
Kentang mengandung serat yang cukup tinggi, sejajar dengan roti gandum, sereal, dan pasta. Dengan kandungan serat yang tinggi tersebut, kentang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Kentang juga sering dilibatkan banyak orang untuk membantu program diet mereka.
  Kentang mempunyai banyak khasiat. Di antaranya potassium, vitamin C, membekalkan karbohidrat kompleks dan fiber atau gentian kepada gula darah (blood sugar) dan pengawalan tekanan darah. Ia juga mengandungi vitamin B1, B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi.
  Kandungan potasium kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Jumlah lemaknya di bawah paras 25%, sehinga dapat menghalang endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah. Kentang cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah.
5
   Kentang merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah. Menjamin sistem ketahanan badan, karena kandungan vitamin serta kalsium yang tinggi.
B.          Orange Punch Ice
   
Jeruk adalah salah satu buah yang paling populer di dunia dan salah satu yang paling bergizi diantara buah-buahan lainnya. Sebuah jeruk mengandung lebih dari 60 senyawa flavonoid yang berbeda dan juga mengandung lebih dari 170 fitonutrien yang berbeda pula. Senyawa-senyawa ini memiliki beragam sifat yang berhubungan dengan penyembuhan.
            Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara.
Banyak jenis jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakan sebagai rempah-rempah.
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah jeruk adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan daripada mengonsumsi suplemen. Buah jeruk juga diketahui dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi. Selain itu, buah jeruk menawarkan serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan sistem pencernaan.
6
Jeruk mempunyai peranan penting untuk manusia. Diantaranya bermanfaat untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan pernapasan, mencegah kerusakan sel-sel dari radikal bebas, meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan sistem pencernaan, mempertahankan keseimbangan gula darah penderita diabetes, menurunkan tekanan darah dan mencegah osteoporosis, sebagai anti inflamasi, menghancurkan batu empedu, dan anti oksidan.
IV. ESTIMASI KEUANGAN


A.          Modal

Ø  Crispy Potato Fries
Rp 4.000 x 55           = Rp 220.000,-

Ø  Orange Punch Ice
Rp 2.000 x 50           = Rp 100.000,-   +
                                       Rp 320.000,-


B.   Laporan Keuangan
Hasil Penjualan
ü  Crispy Potato Fries
Rp 5.000 x 55           = Rp 275.000,-
ü  Orange Punch Ice
Rp 3.000 x 50           = Rp 150.000,-   +
                                                   Rp 425.000,-

Hasil Pokok Penjualan
ü  Crispy Potato Fries
Rp 4.000 x 55           = Rp 220.000,-
ü  Orange Punch Ice
Rp 2.000 x 50           = Rp 100.000,-   +
                                                   Rp 320.000,-
7
 
·        Hasil Penjualan (Rp5.000x55 + Rp3.000x50)                Rp 425.000,-
·        Harga Pokok Penjualan (Rp4.000x55 + Rp2.000x50)   Rp 320.000,-  -
Laba Kotor                                                    Rp 105.000,-

·        Biaya-biaya :
1.      Promosi                            Rp  6.000,-
2.      Pembungkus                    Rp 19.000,-      +      
                                                                                                Rp  25.000,-
Laba Bersih                                                   Rp  80.000,-
Persentase Laba
Laba Bersih                    x 100%
Harga Pokok Penjualan
Rp  80.000,-     x  100%       =  25 %
Rp 320.000,-













8

 
C.   Laporan Laba Rugi

1. Laporan laba rugi semua produk
·        Hasil Penjualan (Rp5.000x55 + Rp3000x50)                 Rp 425.000,-
·        Harga Pokok Penjualan (Rp4000x55 + Rp2000x50)     Rp 320.000  -
Laba Kotor                                                    Rp 105.000,-
                                                      
·        Biaya-biaya :
1. Promosi                             Rp  6.000,-
2. Pembungkus                     Rp 19.000,-      +      
                                                                                                Rp  25.000,-
Laba Bersih                                                   Rp  80.000,-
Persentase Laba
Laba Bersih                    x 100%
Harga Pokok Penjualan
Rp  80.000,-      x  100%      = 25 %
Rp 320.000,-










9
 
2. Laporan laba rugi produk utama
·        Hasil Penjualan (Rp5.000x55)                                           Rp 275.000,-
·        Harga Pokok Penjualan (Rp4000x55)                              Rp 220.000  -
Laba Kotor                                                    Rp 55.000,-

·        Biaya-biaya :
1. Promosi                             Rp  3.000,-
2. Pembungkus                     Rp 10.000,-      +      
                                                                                                Rp  13.000,-
Laba Bersih                                                   Rp  42.000,-
Persentase Laba
Laba Bersih                      x 100%
Harga Pokok Penjualan
Rp  42.000,-           x  100% = 19,09 %
Rp 220.000,-













10
 
3. Laporan laba rugi produk pendamping
·        Hasil Penjualan (Rp3.000x50)                                           Rp 150.000,-
·        Harga Pokok Penjualan (Rp2.000x50)                             Rp 100.000  -
Laba Kotor                                                    Rp 50.000,-

·        Biaya-biaya :
1. Promosi                             Rp  3.000,-
2. Pembungkus                     Rp 9.000,-         +      
                                                                                                Rp  12.000,-
Laba Bersih                                                   Rp  38.000,-
Persentase Laba
Laba Bersih                      x 100%
Harga Pokok Penjualan
Rp  38.000,-     x  100%       = 38 %
Rp 100.000,-












11
 
D. Break Even Point
1. Break Even Point (Produk Utama)
·        Harga Pokok Penjualan (Rp4000x55)                              Rp 220.000,-
·        Biaya-biaya
1. Promosi                             Rp  3.000,-
2. Pembungkus                     Rp 10.000,-    +
                                                                                                Rp  13.000,-   +
            Biaya Produk Keseluruhan                                     RP 233.000,-

BEP = Rp 233.000,-                                                
            Rp    5.000,-
        = 47 porsi (bungkus)



2. Break Even Point (Produk Pendamping)
·        Harga Pokok Penjualan (Rp2000x50)                              Rp 100.000,-
·        Biaya-biaya
1. Promosi                             Rp  3.000,-
2. Pembungkus                     Rp 9.000,-    +
                                                                                                Rp  12.000,-   +
            Biaya Produk Keseluruhan                                     Rp 112.000,-

BEP = Rp 112.000,-
            Rp   3.000,-
        = 37 cup (gelas)

12
 
3. Break Even Point (Semua Produk)
·        Harga Pokok Penjualan (Rp4000x55 + Rp2000x50)                 Rp 320.000,-
·        Biaya-biaya
1. Promosi                             Rp 6.000,-
2. Pembungkus                     Rp 19.000,-    +
                                                                                                            Rp  25.000,-   +
            Biaya Produk Keseluruhan                                                 Rp 345.000,-

BEP = Rp 345.000,-
                   105
        = Rp 3.286,-  porsi (bungkus)
















13
 
E. Analisa Keuangan

Ø  Rentabilitas
Laba Bersih               x 100%
Harga Pokok Penjualan

Rp  80.000,-     x 100%        = 25 %
Rp 320.000,-


Ø  Profitabilitas
Laba Bersih               x 100%
Harga Penjualan

Rp  80.000,-     x 100%        = 18,82 %
Rp 425.000,-



Jika angka RENTABILITAS lebih TINGGI dari pada PROFITABILITAS maka penjualan mendapatkan laba.






14
 
V. PENUTUP
A. Kesimpulan
Demikian proposal usaha yang saya buat. Dengan adanya uji kompetensi dan kegiatan bazar ini apabila dilakukan sungguh-sungguh akan menjadi pengalaman dan berguna untuk saya di masa depan nanti. Saya menyadari dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan, untuk itu saran dan masukan dari Tim Penguji sangat saya harapkan.

B. Saran
1.      Pada saat melaksanakan bazar sebaiknya digabungkan dengan kegiatan pentas seni, sehingga akan lebih ramai pembeli.
2.      Untuk guru pembimbing, agar lebih memberikan saran yang mudah untuk dipahami oleh peserta uji. Sehingga kesalahan yang terjadi tidak berulang-ulang dan cepat teratasi.
3.      Sebaiknya sebelum melakukan presentasi tentang produk yang dijual, penguji terlebih dahulu memperkenalkan diri dan memberikan sedikit arahan. Agar peserta uji lebih rileks dalam melakukan presentasinya.











15
 
LAMPIRAN

A. Gambar Produk
Crispy Potato Fries (Produk Utama)

Orange Punch Ice (Produk Pendamping)

B. Contoh Brosur

Tidak ada komentar: