“Crispy Potato Fries dan Orange
Punch Ice”
Disusun Oleh:
Nama : Ridha
Aslamiah
Nomor Peserta : 01-016-165-4
Program Keahlian : Pemasaran
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
“Diajukan Untuk
Memenuhi Salah Satu Persyaratan Mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian Tahun
Pelajaran 2013/2014”
Jl. Garuda No.63 Kemayoran, Jakarta Pusat Telp.(021)
4209629 Fax (021) 4209629
LEMBAR
PENGESAHAN
Satuan Pendidikan :
SMK Negeri 3 Jakarta
Program Keahlian : Pemasaran
Kode :
054
Alokasi Waktu : 24 Jam
Nomor Peserta : 01-016-165-4
Nama Peserta :
Ridha Aslamiah
Judul : Usaha “Crispy
Potato Fries dan Orange Punch Ice”
Telah disahkan
di Jakarta, 18 Februari 2014
Disetujui
DU/DI Peserta
Uji
Admin
Ramayana Ps. Baru
Fitri
Ismawati Ridha Aslamiah
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 3 Jakarta Pembimbing
Sajid, M.Pd. Surono, S.Pd
|
I
|
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap
syukur alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan
karunia-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan proposal Ujian
Kompetensi Keahlian Pemasaran tahun 2014.
Penyusunan proposal ini adalah sebagai salah satu syarat kelengkapan
ujian yang harus diserahkan kepada penguji.
Adapun
tujuan dilaksanakannya Ujian Kompetensi Keahlian ini adalah sebagai nilai Ujian
Praktek dan untuk menambah wawasan, juga meningkatkan kreatifitas dan motivasi
siswa dalam mengembangkan, melaksanakan dan mempraktekkan ilmu yang telah
didapat.
Proposal ini dapat terselesaikan dengan adanya bantuan dari semua pihak,
oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.
Bpk. Sajid, M.Pd , selaku Kepala Sekolah SMKN 3 Jakarta.
2. Bpk. Pudji
Sumaryanto, selaku Waka Bid. Humas Du/Di.
3.
Ibu. Titi Mayani Hasanah, selaku Ketua Kompetensi Keahlian Pemasaran.
4. Ibu. Masnur
Tampubolon, selaku Wali Kelas XII-Pemasaran.
5.
Orang tua yang telah memberikan dukungan moril dan materil.
6.
Dan teman-teman yang telah memberikan masukan
dan saran dalam penulisan Proposal ini.
Saya
juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan
satu per satu, yang telah membantu dalam menyelesaikan proposal ini. Semoga
kebaikan yang diberikan oleh semua pihak kepada saya mendapat balasan dan
kebaikan yang berlipat ganda dari Allah SWT.
Akhir
kata saya menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam pembuatan proposal
ini, untuk masukan dan saran yang sifatnya membangun sangat saya harapkan.
Jakarta, 18 Februari 2014
Penulis
|
II
|
DAFTAR ISI
|
HALAMAN JUDUL
|
|
|
LEMBAR PENGESAHAN……………………………………………………..…...
|
I
|
|
KATA PENGANTAR……………………………………………………….............
|
II
|
|
DATAR ISI………………………………………………………………………….
|
III
|
|
I.
PENDAHULUAN
|
||
|
A.
|
Latar
Belakang………………………………………………………………….
|
1
|
|
B.
|
Visi..…………………………………………………………………………….
|
1
|
|
C.
|
Misi.…………………………………………………………………………….
|
1
|
|
D.
|
Tujuan…………………………………………………………………………..
|
2
|
|
II.
TINJAUAN PASAR
|
||
|
A.
|
Aspek
Pemasaran……..………………………………………………………..
|
3
|
|
B.
|
Analisis
Peluang Usaha(SWOT)………...……………………………………..
|
4
|
|
C.
|
Marketing
MIX……...…………………………………………………………
|
4
|
|
III.
DESKRIPSI PRODUK
|
||
|
A.
|
Crispy
Potato Fries……………………………………………………………..
|
5
|
|
B.
|
Orange
Punch Ice….…………………………………………………………...
|
6
|
B.
Contoh Brosur
|
IV.
ESTIMASI KEUANGAN
|
||
|
A.
|
Modal………………..………..………………………………………………...
|
7
|
|
B.
|
Laporan
Keuangan……………………………………………………………..
|
7
|
|
C.
|
Laporan
Laba Rugi……...……………………………………………………...
|
9
|
|
D.
|
Break
Even Point……..………………………………………………………...
|
12
|
|
E.
|
Analisa
Keuangan……...………………………………………………………
|
14
|
|
V.
PENUTUP
|
||
|
A.
|
Kesimpulan……………………………………………………………………..
|
15
|
|
B.
|
Saran….…………………………………………………………………………
|
15
|
|
LAMPIRAN
|
|
|
A.
|
Gambar
Produk
|
|
III
|
I.
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pada saat ini banyak
sekali masyarakat yang lebih menyukai makanan cepat saji dengan rasa yang enak
dan harga yang relatif murah namun kualitas tetap terjamin. Banyak juga bentuk
dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang ringan hingga yang berat dan dari
yang murah sampai yang mahal.
Untuk memenuhi
permintaan masyarakat tersebut harus diciptakan suatu kegiatan usaha yang
sifatnya kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi sehingga dapat
menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Dari pemikiran tersebut
saya telah melakukan observasi lapangan mengenai peluang usaha yang dapat
dilakukan. Salah satunya yaitu usaha penjualan Crispy Potato Fries. Dimana dari
segi rasa enak, dari segi gizi sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen
karena mengandung karbohidrat, protein dan lain-lain. Ketersediaan bahan baku
dan cara pembuatan yang tidak terlalu sulit juga merupakan hal yang dapat
dipertimbangkan agar penjualan ini layak untuk dijalankan.
Selain itu saya juga
menyediakan produk pendamping yaitu Orange Punch Ice. Saya memilih produk ini
karena rasanya yang segar dilengkapi oleh potongan-potongan jelly yang manis.
Dengan hal tersebut,
maka saya memilih usaha makanan “Crispy Potato Fries” dan “Orange Punch Ice” sebagai
produk yang akan saya jual.
B.
Visi
Menjadikan Crispy
Potato Fries sebagai kuliner yang terkenal dan begizi.
C.
Misi
ü Menjual
produk dengan harga yang terjangkau dan sehat untuk dikonsumsi.
ü Memberikan
pelayanan yang baik.
ü
|
1
|
D.
Tujuan
ü Bazar
ini bertujuan sebagai salah satu persyaratan mengikuti Ujian Kompetensi
Keahlian (UKK) dalam bidang Pemasaran 2013/2014.
ü Menyediakan makanan yang bersih,
sehat, dan higienis dengan harga terjangkau.
|
2
|
II.
TINJAUAN PASAR
A.
Aspek
Pemasaran
ü
Produk yang dijual
Menjual
makanan ringan “Crispy Potato Fries” dan “Orange Punch Ice“. Makanan dan
minuman terjamin bersih, jauh dari bahan yang berbahaya atau zat kimia, tidak
menggunakan bahan pengawet dan pewarna sehingga saat disantap aman dan
dapat dinikmati dengan puas.
ü
Sasaran pembeli
Sasaran pembeli adalah Bapak dan
Ibu guru, Karyawan, Para Staff, serta Siswa-Siswi SMK Negeri 3 Jakarta.
ü
Lokasi penjualan/bazar
Penjualan/bazar
berlokasi di Lapangan SMKN 3 Jakarta.
Jalan Garuda No.63, Kemayoran Jakarta Pusat.
Jalan Garuda No.63, Kemayoran Jakarta Pusat.
ü Strategi
Pemasaran
Strategi
pemasaran yang digunakan adalah dengan menyapa atau memberi salam kepada
pengunjung dan mengunakan alat promosi(brosur), serta memberikan tester
sehingga dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.
|
3
|
B. Analisis SWOT
|
STRENGTH
|
ü Harganya terjangkau.
ü Makanan sehat dengan rasa enak dan
tampilan yang menarik.
ü Dapat mengenyangkan.
|
|
WEAKNESS
|
ü Produk tidak dapat bertahan lama.
|
|
OPPORTUNITY
|
ü Meningkatnya kesadaran masyarakat
akan makanan sehat dan enak sehingga produk kami cukup diminati.
|
|
THREAT
|
ü Terdapat produk-produk yang juga
menarik dengan harga murah.
|
C. Marketing MIX
Keterangan :
Ø Product
1. Crispy
Potato Fries
2. Orange
Punch Ice
Ø Promotion
1. Brosur
2. Menyediakan
tester produk.
Ø Price
1. Crispy
Potato Fries
Rp. 5.000,-
/porsi
2. Orange
Punch Ice
Rp. 3.000,-/cup
Ø Place
Tempat penjualan
berlokasi di Lapangan SMKN 3 Jakarta
Ø Position
|
4
|
Ø Distribution
|
4
|
III.
DESKRIPSI PRODUK
A.
Crispy
Potato Fries
Crispy Potato Fries yaitu makanan sejenis kentang goreng. Kentang
goreng adalah hidangan yang dibuat dari potongan-potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas. Di dalam menu rumah-rumah makan, kentang goreng yang dipotong panjang-panjang dan
digoreng dalam keadaan terendam di dalam minyak goreng panas
disebut French fries.
Kentang mengandung serat yang cukup
tinggi, sejajar dengan roti gandum, sereal, dan pasta.
Dengan kandungan serat yang tinggi tersebut, kentang bermanfaat untuk kesehatan
sistem pencernaan. Kentang juga sering dilibatkan banyak orang untuk membantu
program diet mereka.
Kentang mempunyai banyak khasiat.
Di antaranya potassium, vitamin C, membekalkan karbohidrat kompleks dan fiber
atau gentian kepada gula darah (blood sugar) dan
pengawalan tekanan darah. Ia juga mengandungi vitamin B1, B2 dan B3 serta
sedikit kandungan protein dan zat besi.
Kandungan potasium kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan
fiber. Jumlah lemaknya di bawah paras 25%, sehinga dapat menghalang endapan
kolesterol di dalam lapisan saluran darah. Kentang cocok bagi yang mengalami
kekurangan gula dalam darah.
|
5
|
B.
Orange
Punch Ice
Jeruk adalah salah satu buah yang paling populer di dunia
dan salah satu yang paling bergizi diantara buah-buahan lainnya. Sebuah jeruk
mengandung lebih dari 60 senyawa flavonoid yang berbeda dan juga mengandung
lebih dari 170 fitonutrien yang berbeda pula. Senyawa-senyawa ini memiliki
beragam sifat yang berhubungan dengan penyembuhan.
Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah
busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke
barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari
Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara.
Banyak jenis jeruk
yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun
industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakan
sebagai rempah-rempah.
Penelitian
menunjukkan bahwa mengonsumsi buah jeruk adalah salah satu cara terbaik untuk
mendapatkan manfaat kesehatan daripada mengonsumsi suplemen. Buah jeruk juga
diketahui dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi. Selain itu, buah jeruk
menawarkan serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan sistem
pencernaan.
|
6
|
IV. ESTIMASI KEUANGAN
A.
Modal
Ø Crispy
Potato Fries
Rp 4.000 x 55 = Rp 220.000,-
Ø Orange
Punch Ice
Rp 2.000 x 50 = Rp 100.000,-
+
Rp 320.000,-
B. Laporan Keuangan
Hasil Penjualan
ü Crispy
Potato Fries
Rp
5.000 x 55 = Rp 275.000,-
ü Orange
Punch Ice
Rp
3.000 x 50 = Rp 150.000,- +
Rp 425.000,-
Hasil
Pokok Penjualan
ü Crispy
Potato Fries
Rp 4.000 x 55 = Rp 220.000,-
ü Orange
Punch Ice
Rp
2.000 x 50 = Rp
100.000,- +
Rp 320.000,-
|
7
|
·
Hasil Penjualan (Rp5.000x55 + Rp3.000x50) Rp 425.000,-
·
Harga Pokok Penjualan (Rp4.000x55 + Rp2.000x50) Rp 320.000,- -
Laba Kotor Rp
105.000,-
·
Biaya-biaya :
1. Promosi Rp 6.000,-
2. Pembungkus Rp 19.000,- +
Rp 25.000,-
Laba
Bersih Rp 80.000,-
Persentase
Laba
Laba
Bersih x 100%
Harga Pokok Penjualan
Harga Pokok Penjualan
Rp 80.000,-
x
100% = 25 %
Rp 320.000,-
Rp 320.000,-
|
8
|
C. Laporan
Laba Rugi
1. Laporan laba rugi semua produk
·
Hasil Penjualan (Rp5.000x55 + Rp3000x50) Rp 425.000,-
·
Harga Pokok Penjualan (Rp4000x55 +
Rp2000x50) Rp 320.000 -
Laba Kotor Rp
105.000,-
·
Biaya-biaya :
1.
Promosi Rp 6.000,-
2. Pembungkus Rp 19.000,- +
Rp 25.000,-
Laba
Bersih Rp 80.000,-
Persentase
Laba
Laba
Bersih x 100%
Harga Pokok Penjualan
Harga Pokok Penjualan
Rp 80.000,-
x 100% = 25 %
Rp 320.000,-
Rp 320.000,-
|
9
|
2.
Laporan laba rugi produk utama
·
Hasil Penjualan (Rp5.000x55) Rp
275.000,-
·
Harga Pokok Penjualan (Rp4000x55) Rp 220.000 -
Laba Kotor Rp
55.000,-
·
Biaya-biaya :
1.
Promosi Rp 3.000,-
2. Pembungkus Rp 10.000,- +
Rp 13.000,-
Laba
Bersih Rp 42.000,-
Persentase
Laba
Laba
Bersih x 100%
Harga Pokok Penjualan
Harga Pokok Penjualan
Rp 42.000,-
x
100% = 19,09 %
Rp 220.000,-
Rp 220.000,-
|
10
|
3.
Laporan laba rugi produk pendamping
·
Hasil Penjualan (Rp3.000x50) Rp
150.000,-
·
Harga Pokok Penjualan (Rp2.000x50) Rp 100.000 -
Laba Kotor Rp
50.000,-
·
Biaya-biaya :
1.
Promosi Rp 3.000,-
2. Pembungkus Rp 9.000,- +
Rp 12.000,-
Laba
Bersih Rp 38.000,-
Persentase
Laba
Laba
Bersih x 100%
Harga Pokok Penjualan
Harga Pokok Penjualan
Rp 38.000,- x 100% =
38 %
Rp 100.000,-
Rp 100.000,-
|
11
|
D. Break Even Point
1.
Break Even Point (Produk Utama)
·
Harga Pokok Penjualan (Rp4000x55) Rp 220.000,-
·
Biaya-biaya
1. Promosi Rp 3.000,-
2. Pembungkus Rp 10.000,- +
Rp 13.000,-
+
Biaya Produk Keseluruhan RP
233.000,-
BEP
= Rp 233.000,-
Rp 5.000,-
= 47 porsi (bungkus)
2.
Break Even Point (Produk Pendamping)
·
Harga Pokok Penjualan (Rp2000x50) Rp 100.000,-
·
Biaya-biaya
1. Promosi Rp 3.000,-
2. Pembungkus Rp 9.000,- +
Rp 12.000,-
+
Biaya Produk Keseluruhan Rp
112.000,-
BEP = Rp 112.000,-
Rp 3.000,-
= 37 cup (gelas)
|
12
|
3.
Break Even Point (Semua Produk)
·
Harga Pokok Penjualan (Rp4000x55 +
Rp2000x50) Rp 320.000,-
·
Biaya-biaya
1. Promosi Rp 6.000,-
2. Pembungkus Rp 19.000,- +
Rp 25.000,-
+
Biaya Produk Keseluruhan Rp
345.000,-
BEP = Rp 345.000,-
105
= Rp 3.286,- porsi (bungkus)
|
13
|
E. Analisa Keuangan
Ø Rentabilitas
Laba
Bersih x 100%
Harga
Pokok Penjualan
Rp 80.000,-
x 100% = 25 %
Rp 320.000,-
Ø Profitabilitas
Laba Bersih x 100%
Harga
Penjualan
Rp 80.000,-
x 100% = 18,82 %
Rp 425.000,-
Jika angka RENTABILITAS lebih TINGGI
dari pada PROFITABILITAS maka penjualan mendapatkan laba.
|
14
|
V.
PENUTUP
A. Kesimpulan
Demikian proposal usaha yang saya buat.
Dengan adanya uji kompetensi dan kegiatan bazar ini apabila dilakukan
sungguh-sungguh akan menjadi pengalaman dan berguna untuk saya di masa depan
nanti. Saya menyadari dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak
kekurangan, untuk itu saran dan masukan dari Tim Penguji sangat saya harapkan.
B. Saran
1. Pada
saat melaksanakan bazar sebaiknya digabungkan dengan kegiatan pentas seni,
sehingga akan lebih ramai pembeli.
2. Untuk
guru pembimbing, agar lebih memberikan saran yang mudah untuk dipahami oleh
peserta uji. Sehingga kesalahan yang terjadi tidak berulang-ulang dan cepat
teratasi.
3. Sebaiknya
sebelum melakukan presentasi tentang produk yang dijual, penguji terlebih
dahulu memperkenalkan diri dan memberikan sedikit arahan. Agar peserta uji
lebih rileks dalam melakukan presentasinya.
|
15
|
LAMPIRAN
A.
Gambar Produk
Crispy
Potato Fries (Produk Utama)
Orange
Punch Ice (Produk Pendamping)
B.
Contoh Brosur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar